Jumat, 22 Mei 2009

Pemenang Vs Pencundang







Pencundang Vs Pemenang
Mungkin tulisan ini adalah yang paling penting dari semua tulisan yang selama ini telah saya buat. Saya ingin menyampaikan satu gagasan tunggal yang sangat menentukan apakah anda seorang pemenang, atau tetap membeku tidak kemana-mana sebagai (maaf) pecundang.
Saya ingin cerita sedikit…
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah email dari salah satu temen lama saya. Saya bangga dengan email tersebut. Dada terasa mau meledak, merasa bahagia karena satu lagi rekan lama saya berhasil menerapkan ide saya dengan baik. Dari apa yang dia jelaskan, saya tahu cara hal ini sama persis dengan yang selama ini saya lakukan
Tapi belum selesai saya dengan semua rasa itu, sebuah email dari temen lama saya lainnya tertangkap mata saya. Isinya, dia mengeluh, mengumpat, dan menyebut saya penipu. Dia bilang, setelah dia mengambil ide ide saya sebagai seorang pemenang.
Saya balik tanya ke dia, apa saja yang sudah dia lakukan agar kamu berhasil sbg seorang pemenang? Yang mengejutkan, dia bilang begini:
“Saya memang belum melakukan apa-apa. Karena menurut saya, ide anda sudah basi. Saya sudah tahu semua ide/ materi yang anda ajarkan. Tidak ada hal baru. Jadi saya pikir, ide anda pasti tidak ada gunanya! Jadi buang sajalah ide kotor anda!”
Pikir saya, satu lagi pecundang dilahirkan di muka bumi ini.
Gila, setelah membaca cerita singkat tadi, tahukah anda mengapa seseorang bisa berhasil dan mengapa yang lainnya tidak? Mengapa seseorang bisa menjadi pemenang, sedangkan yang satunya menjadi pecundang? Padahal, ide yang mereka miliki sama, fasilitas yang mereka dapatkan sama, modal mereka pun tidak jauh beda. Intinya mereka memulai start benar-benar dari posisi yang sama.
Jawabannya hanya satu kata… ACTION!
Itulah satu-satunya pembeda, antara pemenang dan pecundang.
Anda tidak bisa menang hanya dengan membaca.
Anda tidak bisa menang hanya dengan belajar.
Anda tidak bisa menang hanya dengan berdoa.
Tidak dengan bicara, tidak dengan meminta.
Anda hanya bisa menang jika anda mau bertindak. Melakukan action, sekecil apapun awalnya, yang penting anda konsisten melakukannya. Anda tidak punya pilihan lain.
Nah parahnya lagi neh seorang pencundang, mereka cenderung ingin menjatuhkan orang lain. Bukannya melakukan sesuatu yang produktif dan berguna bagi orang lain, mereka justru melakukan apapun untuk menggalang teman (sesama pecundang) dan menjatuhkan ‘lawan’. Menyedihkan, karena begitu banyak waktu produktif yang telah mereka buang sia-sia.
Impian tanpa action hanyalah mimpi! Hanya action yang akan membuat semua impian anda, seliar apapun, menjadi kenyataan. Tidak ada yang terlalu bombastis, tidak ada yang terlalu muluk. Apapun bisa dicapai asal anda percaya Action yang anda lakukan sekarang akan menjadi penentu pemenang atau pencundang anda di masa depan. Mutlak, hukum alam memang seperti itu. Anda tidak punya pilihan lain.

Jawaban hanya pada diri anda
Apakah anda siap
Apakah anda pasti
Apakah anda yakin
Apakah anda action setiap saat????

Maka, buatlah diri ini paling berguna bagi semua denga ide cermelang anda.


By. Trisno Naganur

Tidak ada komentar: